Pada tanggal 1 Oktober 2015, Kampus saya yaitu Universitas Ma Chung tepatnya oleh Malang Digital Core mengadakan sebuah seminar mengenai "Startup Industry" yang bekerja sama dengan TECHINASIA. Pada awalnya saya tidak mengerti apa itu Startup. Lalu saya mencari apakah itu definisi dan bagaimana perkembangannya di Indonesia.
Berdasarkan sumber yang saya dapat, saya mengartikan bahwa bisnis startup merupakan sebuah bisnis dari sebuah perusahaan yang baru dan dalam proses pengembangan. Startup sendiri mulai berkembang pada sekitar tahun 1998 - 2000 saat banyak perusahaan mendirikan website pribadi milik mereka.
Sedangkan perkembangan startup di Indonesia saat ini cukup pesat bahkan menurut informasi yang ditulis pada sebuah media internet mencatatkan bahwa jumlah startup yang ada di Indonesia jumlahnya sudah mencapai 1500 startup lokal. Startup terdiri dari 3 jenis yaitu startup untuk aplikasi, game dan e-commerce. Dan TECHINASIA terkhusunya yang ada di Indonesia merupakan sebuah forum bagi pelaku-pelaku usaha startup. Berikut merupakan link dari TECHINASIA Indonesia dimana teman-teman bisa mengerti mengenai startup di Indonesia.
Pada kesempatan kali ini, seminar disampaikan oleh 2 narasumber. Yang pertama adalah Bapak Reno. Beliau merupakan salah satu pelaku bisnis startup yang bernama Travel Car. Sedangkan yang kedua adalah Bapak Denny pemilik usaha suplemen awalnya. Website milik beliau adalah duniafitnes.com dan dennysantoso.com.
Oke kalau begitu langsung saja,,
Narasumber pertama Bapak Reno dari Travel Car menjelaskan bagaimana perjalanan awal pembuatan startup ini. Memang beliau bukanlab pemilik ide dari terciptanya startup ini. Awalnya program yang dibuat adalah program pelacak yang dapat dipantau oleh HP dengan platform Android oleh 3 orang rekan dari bapak Reno. Jadi program ini diciptakan untuk membantu permasalahan para pelaku usaha yang bergerak di bidang jasa travel. Dimana mereka sering mengalami kesulitan untuk tracking mobil mereka yang sudah di sewa orang sering dibawa kabur. Lalu 3 orang rekan dari Bapak Reno tadi memiliki ide untuk membuat web dimana masyarakat dapat memesan travel dimanapun. Karena kebanyakan masyarakat masih belum tahu banyak ada beberapa jumlah armada yang sebenarnya menyediakan layanan jasa. Usaha startup Travel Car ini sudah menguasai daerah Jawa Timur sampai Jawa Tengah namun masih belum bisa survive pada daerah Jawa Barat karena kompetitor yang kuat. Berikut merupakan tampilan halaman web dari Travel Car
Oke kalau begitu langsung saja,,
Bapak Reno mengakui bahwa usaha yang dijalankan saat ini memang belum mencapai titik balik modal. Beliau mengatakan bahwa banyak suka dan duka dalam menjalani setiap usaha. Namun jika memiliki partner kerja yang tepat dengan keinginan dan passion yang tepat maka semua akan berjalan dengan lancar meski banyak halangan dan rintangan. Karena tidak ada usaha yang langsung berhasil ataupun sukses dalam waktu yang singkat selain memang kemujuran berpihak pada orang tersebut.
Setelah medengarkan bagaimana pengalaman yang dialami oleh Bapak Reno, materi selanjutnya diberikan oleh narasumber yang sudah lama berkecimpung dalam dunia startup yaitu Bapak Denny
Bapak Denny Santoso pada waktu itu masih duduk di bangku kuliahnya di Malang yang menjadi kegemarannya adalah fitness. Suatu saat beliau memikirkan ide untuk menjual beberapa suplemen yang pada waktu itu masih belum ada di kota Malang dan juga masyarakat luas masih belum mengenal apa itu suplemen. Jadi jika ingin mengkonsumsi suplemen masyarakat harus memesan ke surabaya. Namun pad atahun 1999, beliau mencoba import produk suplemen adri Amerika Serikat. Pada waktu itu jika ingin melakukan pembayaran harus memiliki kartu kredit silver yang membutuhkan biaya sekitar Rp 2.500.000,00. Awalnya suplemen tadi dibeli hanya untuk dikonsumsi pribadi. Namun, beliau memiliki pemikiran bahwa bagaimana kalau suplemen tadi ditawarkan pada teman-temannya. Dan nyatanya, mereka semua tertatik untuk membeli. Dari situlah peluang berbisnis tercipta dan peluang ini tidak disia-siakan oleh beliau sebagai usaha. Pada Tahun 2006 beliau mulai bergabung dengan E-Commerce. Hal ini dikarenakan waktu banyak orang bertanya kepada beliau mengenai pertanyaan yang sama berulang-ulang yaitu bagaimana mengecilkan perut buncit, paha, pipi dsb. Akhirnya teman dari beliau memberikan saran untuk membuat blog dimana jika ada orang yang bertanya, bisa langsung diarahkan ke blog tersebut. Maka dibuatlah waktu itu blog pribadi miliki beliau. ini merupakan tampilan dari blog milik Bapak Denny
Mulai dari situlah awal usaha Bapak Denny Santoso yang sekarang tidak hanya berbisnis disitu saja. Sekarang beliau memiliki passiondi bidang digital marketting. Dan beberapa waktu yang lalu beliau mengatakan sudah menambah jangkauan bisnis di bidang apartment yang bekerja sama dengan Chandra Bong. Yng beliau selalu tekankan adlah bagaimana pola pikir kita menghadapai kemajuan teknologi sekarang ini. "Jangan banyak mikir atau banyak melamun, yang penting jalan dulu" Dan beliau membagikan bagaimana menjadi enterpreuner yang baik.
Saya sangat terkesan akan kesempatan yang diberikan untuk dapat mengikuti sminar dari TECHINASIA. Dan saya akan sangat berharap banyak seminar lagi yang akan diadakan khususnya di Kota Malang karena hal ini akan sangat bermanfaat bagi perintis-perintis usaha awal agar lebih cerdik dalam memanfaatkan kesempatan





No comments:
Post a Comment